Rabu, 25 Juli 2012

Profil SDN 22 Dauh Puri


PROFIL SEKOLAH

1.     Nama Sekolah                                       : SD No. 22 Dauh Puri
2.     No. Ststistik Sekolah                             : 101220902100
3.     Tipe Sekolah                               : -
4.     Alamat Sekolah                            : Jl. Mataram Niti Praja Lumintang
5.     Status Sekolah                                      : Negeri
6.     Kategori Sekolah                          : Rintisan SDSN
7.     Nilai Akreditasi Sekolah              : A
8.     Luas Lahan/Tanah                       : 10 Are
9.     Status Kepemilikan                      : Pemerintah Kota Denpasar
10.          Nama Kepala Sekolah             : Drs. I Nyoman Repun
11.          Tingkat Pendidikan                           : S1
12.          Masa Kerja Kepala Sekolah              : 2 Tahun


VISI, MISI DAN TUJUAN
SD NEGERI 22 DAUH PURI

VISI
UNGGUL DALAM MUTU DAN MEMPUNYAI DAYA SAING DENGAN SEKOLAH NASIONAL DAN INTERNASIONAL DENGAN BERLANDASKAN AJARAN AGAMA DAN BERWAWASAN BUDAYA.

MISI
·        MENANAMKAN KEYAKINAN MELALUI PENGAMALAN AJARAN AGAMA.
·        MENGOPTIMALKAN PROSES PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN SECARA EFEKTIF.
·        MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN SECARA OPTIMAL DIBIDANG IPTEK, BAHASA, OLAHRAGA, DAN SENI BUDAYA SESUAI DENGAN BAKAT, MINAT, DAN POTENSI SISWA.
·        MENJALIN KERJASAMA YANG HARMONIS ANTARA WARGA SEKOLAH DENGAN LINGKUNGAN.
·        MENUMBUHKAN SEMANGAT KEUNGGULAN SECARA INTENSIF KEPADA SELURUH WARGA SEKOLAH.
·        MELAKSANAKAN PROGRAM UNGGULAN YAITU MEMBINA ANAK YANG BERPOTENSI UNTUK MENGHADAPI LOMBA OLYMPIADE MATEMATIKA DAN IPA, LOMBA SISWA BERPRESTASI DAN LOMBA-LOMBA LAINNYA.

TUJUAN SEKOLAH
·         DAPAT MENGAMALKAN AJARAN AGAMA SECARA BAIK DAN BENAR BERDASARKAN HASIL PROSES PEMBELAJARAN DAN KEGIATAN PEMBIASAAN.
·         DAPAT MERAIH PRESTASI AKADEMIK MAUPUN NON AKADEMIK SEMAKSIMAL MUNGKIN
·         MENGUASAI DASR-DASAR ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI SEBAGAI BEKAL UNTUK MELANJUTKAN KESEKOLAH YANG LEBIH TINGGI
·         MENJADI SEKOLAH PELOPOR DAN PENGGERAK DILINGKUNGAN MASYARAKAT
·         MENJADI SEKOLAH YANG DIMINATI DI MASYARAKAT.






SEJARAH BERDIRINYA SEKOLAH DASAR
NEGERI NO 22 DAUH PURI

Pada awalnya SD Negeri 22 Dauh Puri merupakan sekolah negeri yang mandiri layaknya sekolah dasar negeri lainnya. Bermula sejak tahun ajaran 2000/2001 diadakan regrouping, yaitu penggabungan dari beberapa sekolah, yaitu SD 22 Dauh Puri, SD 23 Dauh Puri, SD 20 Dauh Puri dan SD 18 Dauh Puri dan sepakat menggunakan nama SD 22 Dauh Puri yang letaknya amat strategis yaitu di Jl. Mataram Niti Praja Lumintang yang dulu merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Badung dan Denpasar.
Sebelum di regrouping, SD No. 22 Dauh Puri tidak pernah dilirik oleh orang tua murid, bahkan jumlah siswanya hanya terdapat 36 orang, dimana tidak terdapat siswa kelas IV maupun siswa kelas V. Itupun, jumlah siswa dalam satu kelas merupakan milik 2 sekolah yaitu SD No. 22 Dauh Puri dan SD No. 23 Dauh Puri. Guru yang mengajar pun bergantian dari kedua sekolah, sehingga prestasi siswanya pun jauh di bawah rata-rata dan lulusan SD No. 22 Dauh Puri 99% tidak diterima di SMP Negeri.  Satu hal yang menarik, yaitu siswa yang ditunjuk dalam ajang perlombaan untuk mewakili sekolah hingga menangis dan saat perlombaan tidak datang dan orang tua dari siswa pun tidak mendukung sama sekali.
Namun, semenjak SD No. 22 Dauh Puri diregrouping, Siswa Sekolah Dasar No. 22 Dauh Puri kian hari kian meningkat, karena prestasi Sekolah Dasar No.22 yang kian meningkat pula. SD No. 22 Dauh Puri yang berdiri pada areal tanah seluas 10 are, kini semakin banyak diminati, karena sarana dan prasarana di SD No. 22 Dauh Puri juga semakin baik. SD No. 22 Dauh Puri memiliki 18 ruangan belajar, satu ruangan perpustakaan, satu ruangan UKS, satu ruangan pertemuan, satu ruang Kepala Sekolah, satu ruang kepegawaian, satu ruang guru, 12 buah kamar kecil untuk siswa, dan 2 buah kamar mandi plus untuk guru. Pada tahun ajaran 2006/2007 jumlah siswa SD No. 22 Dauh Puri tercatat  725 siswa, tahun ajaran 2007/2008 tercatat 694 siswa, tahun ajaran 2008/2009 tercatat 458 siswa dan pada tahun ajaran 2009/2010 tercatat 752 siswa. Jumlah guru di SD No. 22 tercatat 28 orang, 8 diantaranya merupakan guru honorer.
Sekolah Dasar No. 22 Dauh Puri sejak tahun ajaran 2005/2006 telah terakreditasi A dan juga sebagai sekolah favorit di Denpasar, terbukti dari siswanya yang semakin meningkat dan datang dari berbagai daerah. Hal tersebut juga didukung dengan terdapatnya bebagai fasilitas sarana belajar diantaranya: Laboratorium Komputer, Perpustakaan, KIT IPA. Dan juga terdapat berbagai macam kegiatan positif, misalnya: Pencak Silat, Karate, Pramuka, Sepak Bola, Atletik, Renang, Tari dan lainnya. Semua kegiatan extrakulikuler tersebut terbilang menarik dan diminati oleh siswa dan tak dipungkiri setiap ada perlombaan, SD No. 22 Dauh Puri sering mendapat juara baik tingkat Kecamatan, Kota, Provinsi dan Nasional bahkan Internasional.
Selain kegiatan non akademik, SD No. 22 Dauh Puri juga berprestasi dibidang Akademik dan penghargaan lainnya diantaranya yaitu: Lomba Aktifitas Siswa, Juara UKS, Juara Dokter Kecil, Juara I murid Teladan Tingkat Kecamatan, dan berbagai lomba olimpiade yang tak jarang menjadi juara I serta lomba-lomba lainnya yang tak dapat disebutkan satu persatu.
Demikianlah secara ringkas sejarah berdirinya, dan prestasi yang diraih oleh Sekolah Dasar No. 22 Dauh Puri hingga saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar